JALURNEWS.COM-Natuna: PEMKAB Kabupaten Natuna beserta jajarannya melakukan peletakan lunas kapal dinas Bupati senilai Rp20 miliar di galangan kapal PT Sei Binti Sagulung Batam Rabu (31/5) kemarin. Peletakan dilakukan oleh Bupati Kabupaten Natuna Abdul Hamid Rizal di Batam.

Kapal Dinas tersebut dirakit dengan bahan aluminium. Lebar badan kapal 6 meter dan panjang 31 meter, dan menyerap anggaran APBD Rp 20 miliar  lebih tahun 2017.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishub Natuna Sapta Nugraha mengatakàn, kapal operasional tersebut akan mendukung tugas kedinasan Kepala daerah dalam menjalankan tugas. Mengingat geografis daerah yang berbentuk kepulauan dan bentangan jarak dan kondisi alam kabupaten Natuna yang mengharuskan Pemerintah Daerah memiliki armada laut yang memadai.

“Diperkirakan pengerjaan kapal memakan waktu 14 minggu dan rencananya akan mulai berlayar dari galangan kapal menuju Natuna pada 15 September 2017 mendatang,” kata Sapta, Jumat (2/6).

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengatakan, pengadaan kapal cepat berbahan aluminium sangat layak dioperasikan di perairan Natuna. Sementara kapal cepat bahan fiber sudah tidak direkomendasiman Pemerintah.

“Kapal cepat ini penting. Bisa mudah ke pulau-pulau, ringanlah ini yang kami perlukan untuk melakukan pengawasan ke daerah-daerah terpencil di Natuna,” ujar Hamid.

Peletakan lunas kapal cepat pemda Natuna tersebut juga disaksikan Kajari Natuna Efrianto dan kadishub Natuna Iskandar DJ. Perakitan juga libatkan PT pelindo.

Namun begitu, pengadaan kapal yang baru ini juga menuai pro dan kontra di tengah masyarakat Natuna sendiri. Karena kapal feri pemda sebelumnya sudah tidak terkelola baik. Bahkan mangkrak tidak dilelang. (ole/JN-1)

Load More Related Articles
Load More By Editor
Load More In NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Dinkes malang ancam cabut izin apotek penjual PCC

JALURNEWS.COM, MALANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengancam mencabut izin…