JALURNEWS.COM-Batam: AGAR masyarakat dan pengusaha di Batam mengerti tata laksana pemasukan dan pengeluaran barang dari atau ke kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam melakukan sosialisasi, sekaligus menyerahkan hibah barang milik negara kepada panti asuhan, pondok pesantren dan yayasan pendidikan Islam di Kota Batam.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (Kabid BKLI) KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam, Raden Evy Suhartantyo mengatakan acara sosialisasi ini berguna bagi masyarakat juga pengusaha guna lebih mengerti bagaimana prosedur pemasukan dan pengeluaran barang di Batam.

“Acara ini akan terus kami lakukan, dan kami selalu mengagendakan acara serupa agar semua pihak paham. Ini merupakan pembelajaran bagi yang tidak mengerti agar dapat bertanya langsung dalam acara tersebut,” katanya, pada acara ‘Sosialisasi Kepabeanan, Cukai dan Perpajakan serta Penyerahan Barang Milik Negara di KPU Bea Cukai Tipe B Batam,’ Rabu (7/6).

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Penerimaan dan Keberatan KPU BC Tipe B Batam Purnomo mengatakan sejauh ini tingkat pemahaman masyarakat dan pengusaha sudah semakin baik, namun abdi penyelenggara negara Bea dan Cukai akan terus melakukan sosialisasi guna memberikan rasa nyaman dan kesinambungan dalam proses pengurusan dokumen ke kantor Bea dan Cukai.

“Tinggi tingkat kesadaran masyarakat dan pengusaha, akan sangat membantu kami untuk memberikan penjelasan berbagai macam informasi. Kuncinya adalah komunikasi sehingga jika masyarakat ataupun pengusaha mengalami kendala di lapangan dalam dokumen langsung tahu dengan siapa harus bertanya,” katanya.

Hadir dalam acara sosialisasi itu adalah Kepala Kantor Madya Pajak Batam Arman Imran sangat senang acara ini diagendakan oleh Bea dan Cukai Batam sehingga,  sinergi dua aparatur negara di satu kementerian menjadi lebih kuat dalam menjadi pusat informasi kepada masyaraka dan pengusaha yang membutuhkan informasi lengkap.

“Kami akan memberikan informasi apa saja kepada masyarakat dalam soal perpajakan. Acara ini kami harapkan dapat terus diagendakan agar dua instansi ini menjadi lebih erat dalam saling tukar menukar informasi,” katanya.

Dalam acara tersebut, Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam menyerahkan barang hibah kepada delapan  yayasan penerima hibah, seperti 56 sepeda, 5 laptop dan  10 kg daging utk masing-masing yayasan di Batam agar dapat bermanfaat, antara lain:

  1. Yayasan ibnul hasani
  2. Panti Asuhan Nur Risqi Hidayatullah
  3. Panti Asuhan Muhammadiyah Al-Anshori
  4. Pondo Pesantran Al-Pancori
  5. Yayasan Ibnu Rasyid Centre
  6. Pondok Pesantren Roudhlotut Tholibin
  7. Yayasan Al-Khoirot
  8. Panti Asuhan Pendidikan Islam Al-Ukhuwah.

(Ndi/din/JN-1)

Load More Related Articles
Load More By Editor
Load More In NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Dinkes malang ancam cabut izin apotek penjual PCC

JALURNEWS.COM, MALANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengancam mencabut izin…