JALURNEWS.COM – Sesi wawancara dengan pihak perusahaan sangat menentukan Anda akan diterima atau tidak. Agar sukses dalam wawancara kerja, penting untuk dapat mendeskripsikan diri Anda dengan baik namun tidak berlebihan.

Mengutip USA Today, Senin (11/9/2017), berikut ini adalah 8 cara terbaik untuk menjelaskan tentang diri Anda kepada perusahaan pada saat wawancara kerja.

1. Komunikatif

Komunikasi adalah salah satu keahlian yang sangat dinilai tinggi oleh sebagian besar perusahaan. Dengan demikian, katakan kepada pewawancara bahwa Anda adalah seseorang yang komunikatif.

Ini menunjukkan bahwa Anda dapat bergaul dengan baik di tengah-tengah banyak orang, efektif dalam memberikan informasi, dan sangat peduli untuk terhubung dengan klien maupun rekan kerja. Tunjukkan pula bahwa Anda dapat menggunakan kemampuan komunikasi Anda untuk menyelesaikan masalah.

2. Penuh motivasi

Ambisius tidak sama dengan penuh motivasi. Sifat ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang mampu memajukan diri Anda dalam karir sekaligus mendorong perusahaan dalam mencapai tujuannya.

3. Teliti

Dengan mengatakan Anda teliti, ini menunjukkan bahwa Anda memperhatikan detail, presisi, kemampuan organisasional, kemampuan untuk membuat prioritas, dan Anda tidak ingin ada yang terlewat. Kalau Anda teliti, maka Anda adalah orang yang dapat mengatur diri sendiri dan dapat dipercaya.

4. Dapat diandalkan

Kata-kata lain yang dapat Anda gunakan selain dapat diandalkan adalah konsisten dan akuntabel. Dengan demikian, Anda sadar betul bahwa pekerjaan Anda adalah bagian dari ekosistem proyek bersama dan Anda tidak mau mengecewakan orang. Tunjukkan bahwa Anda tidak datang terlambat dalam bekerja atau rapat. Anda dapat diandalkan dalam melakukan pekerjaan Anda dan melakukannya dengan baik.

5. Memberikan dampak

Saat wawancara, ceritakan perbedaan apa yang Anda buat pada pekerjaan sebelumnya. Tentu saja katakan pula bahwa Anda melakukannya dengan baik dan tuntas. Boleh juga sebutkan pencapaian dan penghargaan yang pernah Anda peroleh. Ini menunjukkan bahwa Anda tak hanya menyelesaikan sesuatu, tapi ada dampakb besarnya pula.

6. Persisten

Anda tidak berhenti sampai pekerjaan Anda selesai. Yang terpenting, pekerjaan Anda selesai pada waktunya. 7. Fleksibel Fleksibel berarti Anda tidak kaku dan berpikir “out of the box.”

Anda dapat beradaptasi pada lingkungan yang menantang dan menemukan solusi yang tidak dipikirkan orang lain. Anda dapat mudah beradaptasi dan proses itu terus berjalan. Anda adalah tipe pegawai yang dicari perusahaan karena ini memungkinkan tujuan tim dan perusahaan Anda tercapai.

8. Mampu bekerja dalam tim

Dengan bekerja dalam tim, Anda tidak mementingkan diri sendiri, ambisi Anda, dan melakukan sesuatu demi kebaikan tim. Orang yang mampu bekerja pada tim juga dapat menjadi pemimpin dan ini menjadi nilai tambah tersendiri.

 

 

 

 

 

 

Sumber : tribunnews.com

Load More Related Articles
Load More By Redaksi
Load More In LIFESTYLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BATAM Puluhan Penyandang Disabilitas Netra Ikut Pelatihan Komputer

JALURNEWS.COM, BATAM – Puluhan penyandang disabilitas tuna netra Kota Batam mengikut…