Dirjen Bea Cukai Se Asean Bertemu di Langkawi Malaysia

Editor: Redaksi

Internasional | jalurnews.com : Pertemuan ke-27 Direktur Jenderal Bea Cukai se-ASEAN mulai dilangsungkan pada 2-4 Mei 2018 di Langkawi, Malaysia. Pertemuan tersebut dihadiri 10 negara anggota ASEAN. Pertemuan tersebut akan meninjau kembali hasil kerja ASEAN Coordinating Committee on Customs (CCC) yang membawahi tiga Working Group, yaitu Customs Procedures and Trade Facilitation Working Group (CPTFWG),  Customs Enforcement and Compliance Working Group (CECWG), dan Customs Capacity Building Working Group (CCBWG).

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi selaku Chair ASEAN Customs periode 2017-2018, dalam sambutannya menyampaikan beberapa capaian yang telah diperoleh selama kepemimpinan Indonesia. Dia memberikan penekanan hal-hal yang perlu menjadi perhatian oleh Malaysia selaku chair yang baru periode 2019-2020.

“Adanya pembentukkan subworking group baru di bidang klasifikasi yang bersifat permanen, peningkatan kerja sama antarworking group, percepatan implementasi ASEAN Customs Transit System, penetapan mekanisme joint consultative dengan private sector, keterlibatan aktif ASEAN Customs dengan sectoral bodies lainnya untuk menurunkan trade transaction cost 10 persen pada 2020, dan pemanfaatan secara optimal sumber daya ASEAN untuk menciptakan kemandirian, serta menurunkan gap perbedaan di antara negara ASEAN merupakan beberapa capaian yang telah diraih selama kepemimpinan Indonesia,” ungkap Heru dalam sambutannya.

Pada ASEAN Customs DG Meeting kali ini, Indonesia akan membawa beberapa isu penting, khususnya terkait e-commerce, optimalisasi Mutual Recognition Agreement Authorized Economic Operator (MRA AEO) secara bilateral, keterlibatan aktif administrasi kepabeanan dalam penurunan trade transaction cost sebesar 10 persen di tahun 2020, mekanisme pertemuan dengan dialog partner dan private sector secara lebih efektif, serta kemandirian ASEAN dengan saling tukar menukar experts dan peningkatan kerja sama antarworking grup. Dengan pertemuan tersebut, diharapkan ASEAN Customs dapat memberikan peranan yang strategis dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi ASEAN secara keseluruhan.

Sumber : ROL

Berita Terkait