JKN-KIS Tertinggi di Kalbar Kayong Utara Kembali Deklarasikan Universal Health Coverage

Editor: Admin
JKN-KIS Tertinggi di Kalbar Kayong Utara Kembali Deklarasikan Universal Health Coverage

JALURNEWS.COM, Kayong Utara – Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional(JKN) mendapat apresiasi dari BPJS Kesehatan. Hal tersebut dapat terbukti dengan pencapaian Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta bagi masyarakatnya.

Atas keberhasilan pencapaian UCH Pemerintah Kabupaten Kayong Utara pada Senin(15/09/2020) menerima piagam dari BPJS Kesehatan.

Pencapaian tersebut bukanlah suatu yang mudah, namun melalui perjuangan keras pemerintah, melalui Dinas SP3PMD Bidang Sosial yang dengan gigih mendata dan mensosialisasikan progam tersebut kepada masyarakat.

Dalam kegiatan sosialisasi sekaligus deklarasi UHC yang dilaksanakan di Istana Rakyat Pendopo Bupati Kayong Utara, Bupati Citra Duani mengatakan Jaminan Kesehatan sangat diperlukan oleh masyarakat.

“Terutama yang saat ini dalam keadaan sakit dan tidak mampu membiayai pengobatannya,” kata Citra.

Dijelaskan Citra bahwa ini merupakan kali kedua Kabupaten Kayong Utara berhasil mencapai UHC atau Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan masyarakatnya.

“Pada bulan maret tahun 2019 Kabupaten Kayong  Utara  telah  mecapai UHC  untuk pertama kalinya,setelah itu jumlah cakupan kepesertaan nya sempat menurun sehingga sejak September 2019 sampai  dengan bulan Januari 2020 Kabupaten Kayong  Utara tidak lagi mencapai UHC” Tutur Citra.

Bupati Citra Duani  mengucapkan terima kasih berkat dukungan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Kabupaten Kayong Utara kembali mencapai UHC dengan cakupan kepesertaan 95,44%. Dengan capaian UHC ini maka pendaftaran bagi penduduk yang didaftarkan pemerintah Kayong Utara dapat langsung aktif tanpa harus menunggu mekanisme cutoff.

Hingga 1 Agustus 2020 sebanyak 121.493 jiwa dari jumlah penduduk sebanyak 127.301 jiwa penduduk Kabupaten Kayong Utara sudah tercover dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional ,hal ini berarti 95,44% masyarakat sudah mempunyai perlindungan Jaminan Kesehatan.Dengan demikian Kabupaten Kayong Utara  kembali menjadi satu-satunya kabupaten yang telah lebih dulu mencapai Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan masyarakatnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung BPJS Kesehatan, Donni Hendrawan yang juga hadir dalam kegiatan sangat mengapresiasi pencapaian dan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

“Capaian cakupan kepesertaanya tinggi di Kabupaten Kayong Utara  ini merupakan wujud nyata  komitmen dari  jajaran Pemerintah Kabupaten Kayong  Utara untuk hadir  memberikan proteksi kesehatan bagi seluruh penduduknya. Dengan komitmen yang kuat ini kami yakin program JKN-KIS akan semakin  luas dirasakan oleh  masyarakat Indonesia” tutur Donni.

Ditambahkan salah satu manfaat unggulan yang  dapat diterima oleh  Peserta JKN-KIS termasuk peserta integrasi Jamkesda adalah portabilitas, dimana setiap pemegang kartu JKN-KIS bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan  BPJS Kesehatan diseluruh Indonesia.

“Saat  ini sebanyak 22.957 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama telah  bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan 2.544 Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan telah menjadi Provider  BPJS Kesehatan di seluruh  Indonesia,” tambahnya.

Donni juga berharap melalui kegiatan deklarasi ini semua pihak tetap berkomitmen dan terus bersinergi untuk tetap memberikan jaminan dan layanan kesehatan terbaik bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kayong Utara.

(Tim)

Berita Terkait