Pelantun I Can See Clear Now Johnny Nash Tutup Usia

Editor: Redaksi

JALURNEWS, Jakarta – Johnny Nash, pelantun lagu hits “I Can See Clearly Now” yang merajai lagu Inggris dan Amerika Serikat pada tahun 1972,  tutup usia pada Selasa (6/10/2020) dalam usianya yang ke-80 tahun.

Kepergian Johnny Nash dikonfirmasi Putranya kepada Associated Press.

Nash meninggal karena penyebab alami di kediamannya di Houston, AS.

Meski dianggap sebagai “one-hit wonder” oleh banyak orang, Nash sebenarnya meraih sukses lewat “I Can See Clearly Now” di usianya yang ke-32 tahun setelah dia bertahun-tahun masuk dapur rekaman sejak tahun 1950-an pada usia 17 tahun.

Lahir di Houston, Texas, John Lester Nash, Jr. tumbuh dengan bernyanyi di gereja.

Jelang kesuksesannya, dia melakukan perjalanan ke Jamaika pada tahun 1968, di mana ia bertemu Bob Marley, Peter Tosh dan Bunny Livingston.

Dia membiayai rekaman mereka untuk labelnya sendiri, JAD, namun gagal.

“I Can See Clearly Now” – yang ia tulis dan hasilkan sendiri – sukses besar, lagu itu berada di No. 1 tangga lagu di Amerika Serikat selama empat minggu.

“I Can See Clearly Now” kembali menjadi hit pada tahun 1993 ketika Jimmy Cliff merekamnya untuk soundtrack “Cool Runnings”; lagu tersebut mencapai No. 18 dan merupakan lagu AS dengan posisi tertinggi di tangga lagu Jamaika.

Orang  yang pernah meng-cover lagu itu di antaranya adalah Ray Charles, Gladys Knight dan Pips, Grace VanderWaal, Hothouse Flowers dan band punk Screeching Weasel

 

Editor: Ara

Sumber: Variety

Related Articles