58 Orang ( TAK) Terima SK Tugas Wujudkan Misi Emas dari Bupati Enrekang

Editor: Admin
Bupati Enrekang H. Muslimin Bando, M.Pd berikan arahan pada acara penyerahan SK TAK baru, Minggu (11/10/2020). /ft: mas

JALURNEWS.COM, Enrekang (Sul Sel) – Bupati Enrekang H. Muslimin Bando, M.Pd. menyerahkan Surat Keputusan (SK) pada 58 Tenaga Ahli Keagamaan (TAK) baru.

SK yang sama juga sudah diberikan pada 2 tahun lalu pada 85 orang Tenaga ahli keagamaan. Acara kali ini berlangsung di Kompleks Kawasan Industri Maiwa (Kiwa), kabupaten Enrekang, Provinsi Sulsel.

Ditemui awak media ini, disela acara, Bupati Muslimin Bando menjelaskan, terdapat 58 orang TAK baru penerima SK sebagaimana tugas harus dilaksanakan lebih meningkat cakupan luas sasarannya.

Bagi yang dilantik tugas tersebut bisa menjadi khatib shalat jum’at, mengajar mengaji dan bertindak imam masjid diwilah tugasnya.

Menurut Muslimin Bando, acara ini juga dirangkai dengan rapat evaluasi pelaksanaan tugas bagi Tenaga Ahli Agama yang lama.

“Dengan SK TAK baru ini, di Enrekang sudah memiliki 143 TAK terdiri dari 58 Team baru dan 85 TAK yang sudah lebih dahulu bertugas sehingga keseluruhan 143 orang,”kata Muslimin Bando, Minggu (11/10/2020).

Orang nomor satu di Kabupaten Enrekang menambahkan, periode ini juga ia berharap, para TAK yang baru akan segera bisa beradaptasi dengan lingkungan kerjanya.

“Posisikan diri dengan baik. Misalnya, menjaga hubungan baik dengan pengurus mesjid dan jamaah sekitar,” pintanya.

Lebih jauh para TAK ini akan menjadi imam, khatib, da’i dan guru mengaji. Selain itu juga para Tenaga ahli keagamaan ditugaskan turut membantu pemerintah mensosialisasikan berbagai program daerah.

“Jadi para TAK juga mesti aktif mewujudkan visi misi Enrekang yakni Emas,”tegas Bupati Muslimin Bando.

Selama dikontrak sebagai TAK, harus bersosialisasi baik dengan masyarakat. Termasuk belajar kearifan lokal setempat ,belajar bertani, beternak dan mengembangkan potensi diri yang positif sesuai minat dan bakat masing masing.

Masih dia, dari sisi peningkatam SDM, para tenaga ahli keagamaan diberi ruang untuk menambah jenjang pendidikan ke strata magister.

“Terakhir, saya berharap setidaknya ada 60 persen atau lebih TAK yang bisa melanjutkan studi strata dua (S2),” tutup MB.

Hadir acara ini, Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar, Kepala Kemenag Enrekang Kamarudin, Para Camat dan para Kepala KUA se kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Penulis : Mas
Editor : Helmy

Berita Terkait