Cegah Penularan Covid-19 di Kota Batam, Ini Formula 4+2 Ala Jefridin

Editor: Nike

JALURNEWS.COM, Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti yang ia sampaikan pada acara penyerahan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 7 di Kantor Pos SP Plaza, Batuaji, kota Batam, Kepri, Jumat (16/10/2020).

“Sampai saat ini belum ada vaksin untuk virus ini. Maka satu-satunya cara adalah memutus mata rantai penularannya,” ucap Jefridin.

Ia menyebutkan, penularan virus tersebut terjadi antar manusia. Maka dari itu hal yang paling efektif utuk mencegah penyebaran Covid-19 sembari menunggu vaksin adalah menerapkan protokol kesehatan.

“Minimal empat (4) hal yang perlu dilakukan yaitu teratur memakai masker, sering cuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan,” terang Jefridin.

Selain itu, ia menambah dua (2) hal yang perlu dilakukan. Yakni senantiasa meningkatkan imun dengan rajin berolahraga. Selanjutnya yakni enjaga batin, dengan menjauhi segala bentuk ‘penyakit’ hati, seperti dengki, angkuh, hasud dan lain-lain.

Untuk masyarakat, Jefridin bahkan mendendangkan lagu Jagalah Hati yang dipopulerkan ustaz kondang KH Abdullah Gymnastiar atau yang kerap di sapa Aa Gym.

“Insya Allah dengan menjaga dua hal ini (kesehatan fisik dan batin, red), kita akan dijauhkan dari penyakit ini merupakan ikhtiar kita, tapi jika takdirnya lain itu urusan Allah SWT,” ucapnya.

Penulis: mcb/noni

Related Articles