Ini Daftar Supermarket Arab yang Boikot Produk Prancis

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Jakarta – Pernyataan kontroversial Presiden Prancis Emmanuel Macron, perusahaan-perusahaan Arab memboikot produk Prancis dari supermarket.

Di Kuwait sudah ada perusahaan yang memboikot produk Prancis. Ketua dan anggota dewan direksi Al-Naeem Cooperative Society (Perkumpulan Koperasi Al-Naeem) memutuskan untuk menarik semua produk Prancis dan mengeluarkannya dari rak supermarket. Dilansir Aljazeera, Selasa (27/10/2020),

Asosiasi Dahiyat al-Thuhr mereka juga memutuskan memboikot produk Prancis di toko-tokonya.

“Berdasarkan posisi Presiden Prancis Emmanuel Macron dan dukungannya terhadap kartun ofensif terhadap nabi tercinta kami, kami memutuskan untuk menghapus semua produk Prancis dari pasar dan cabang sampai pemberitahuan lebih lanjut,” bunyi pernyataan Dahiyat al-Thuhr.

Qatar perusahaan Wajbah Dairy juga mengumumkan boikot produk Prancis dan berjanji untuk memberikan alternatif. Langkah itu juga dilakukan Al Meera Consumer Goods Company pada setiap tokonya di Qatar.

“Kami telah segera menarik produk Prancis dari rak kami hingga pemberitahuan lebih lanjut,” bunyi pernyataan Wajbah Dairy lewat Twitter.

“Kami menegaskan bahwa sebagai perusahaan nasional, kami bekerja sesuai dengan visi yang sejalan dengan agama kami yang benar, adat istiadat dan tradisi kami yang mapan, dan dengan cara yang melayani negara dan keyakinan kami serta memenuhi aspirasi pelanggan kami,” bunyi pernyataan lebih lanjut.

Tagar di sosial media seperti #BoycottFrenchProducts dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab #ExceptGodsMessenger juga menggema dan menjadi tren di berbagai negara di semenanjung Arab. Mulai dari Kuwait, Qatar, Palestina, Mesir, Aljazair, Yordania, Arab Saudi, dan Turki.

Sumber: Aljazeera , detikcom

Berita Terkait