Pilpres AS: Di 8 Negara Bagian Utama Hasil Perhitungan Sementara Trump Kalah

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Washington AS -Hasil awal pemilihan presiden AS antara petahana dari Partai Republik Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat Joe Biden menunjukkan persaingan ketat di sejumlah negara bagian yang padat penduduknya.

Donald Trump memimpin dalam persaingan yang berpotensi sangat penting di Florida dengan hampir semua suara telah dihitung, Rabu pagi WIB (4/11/2020) seperti dilansir BBC.

Tetapi negara bagian utama lainnya di Georgia, Pennsylvania, Wisconsin, Michigan, Arizona, Ohio, Texas, dan North Carolina, Trump kalah.

Lebih dari 100 juta orang memberikan suara mereka dalam pemungutan suara awal sebelum hari pemilihan pada hari Selasa – menempatkan AS di jalur jumlah pemilih tertinggi dalam satu abad.

Negara bagian Arizona dan Texas yang menjadi kantong suara Republik yang andal, juga kalah. Kemenangan Biden di Texas akan menjadi gempa bumi politik.

Penghitungan yang keras sedang dilakukan di dua negara bagian yang lebih kritis di Pantai Timur, Georgia dan Carolina Utara.

Baik Florida dan Pennsylvania dianggap harus menang bagi Trump jika dia ingin terpilih kembali untuk masa jabatan kedua.

Belum ada kejutan yang muncul di negara bagian lain.

Proyeksi BBC, Trump akan bertahan di Alabama, Indiana, Dakota Utara, Dakota Selatan, Kentucky, Tennessee, Oklahoma, Arkansas dan Virginia Barat, semua seperti yang diharapkan.

BBC juga memproyeksikan bahwa Biden akan mempertahankan negara bagian asalnya di Delaware, bersama dengan New York, Colorado, Vermont, Maryland, Massachusetts, New Jersey dan Washington DC di kolomnya.

Voting berakhir di Pantai Barat AS pukul 23:00 EST (04:00 GMT pada hari Rabu).

Data exit poll menunjukkan bahwa Biden memiliki keunggulan dengan pemilih perempuan sebesar 57% hingga 42%, dengan pemilih kulit hitam (87% hingga 11%), dengan usia di bawah 29 tahun (64% hingga 33%) dan di antara pemilih dengan atau tanpa pemilih gelar sarjana.

Jajak pendapat nasional memberikan keunggulan tegas kepada Biden, tetapi menunjukkan perlombaan yang lebih dekat di beberapa negara bagian yang kemungkinan akan menentukan hasilnya.

Penulis: Tata

Berita Terkait