Bupati Hamid Talk Show, Di Acara Sahabat Sekolah Nusantara Program Kementerian Pendidikan RI

Editor: Iskandar
Bupati Natuna Hamid Rizal Talk Show, di acara Sahabat Sekolah Nusantara digelar Kementerian Pendidikan RI di Natuna

JALURNEWS.COM, Natuna – Bupati Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Abdul Hamid Rizal menghadiri Talk Show, di acara Sahabat Sekolah Nusantara digelar oleh Kementerian Pendidikan RI dilangsungkan di Gedung Daerah, Ranai, Natuna, Senin (02/11/2020) kemarin pagi.

Di acara Talk Show tersebut Bupati Hamid Rizal, dipandu dua moderator memaparkan, seputar Informasi soal perkembangan kemajuan Pendidikan di daerah perbatasan NKRI dan beragam potensi Budaya yang dimiliki tanah Melayu Laut Sakti Rantau Bertuah.

Letak geografis Kabupaten Natuna yang strategis merupakan bentuk Kepulauan yang terdiri dari Pulau-pulau memiliki sebanyak 154 pulau. 27 Pulau sudah berpenghuni dan sisanya 127 pulau belum dihuni, sebut Hamid memulai pembicaraanya.

Dari 27 Pulau tersebut kata Hamid, telah dilakukan penyebaran pendidikan mulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP saat ini Kabupaten Natuna hanya menangani pendidikan dari tingkat PAUD sampai SMP, sedangkan Sekolah Menengah Atas (SMA) di tangani oleh Pemerintah Provinsi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23, terang Hamid dikutip dalam rilisnya, Rabu (04/11/2020).

Di sektor Pendidikan Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran lebih dari 20% dari APBD sehingga apa yang telah dilakukan hingga saat ini, telah mampu menyesuaikan pendidikan dan kemajuan teknologi di daerah lain.

Bahkan sebut Hamid, Pemerintah Daerah juga sudah berkoordinasi kepada Kemkominfo pusat agar signal dan BTS nya bisa ditambah, sehingga semua sekolah yang ada di wilayah Perbatasan Natuna di Ujung Utara NKRI ini, dapat mengikuti ujian online dengan baik kedepannya, papar Hamid dikutip dalam rilisnya, Rabu (04/11/2020).

Selain itu, Bupati Hamid Rizal juga secara pribadi dan atas nama masyarakat Natuna menyampaikan, sangat terimakasih kepada pemerintah pusat khususnya Kemendikbud RI.

Atas bantuan Phone Tablet yang di berikan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Natuna sebab menurut Hamid Rizal, telepon pintar tersebut sangat simple dan bisa dibawa kemana-mana, saat di sekolah tidak terjangkau jaringan seluler yang memadai juga
sangat membantu mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

Di sektor kebudayaan sendiri, Hamid Rizal menjelaskan, bahwa Natuna memiliki potensi ragam budaya tari-tarian dan kuliner khas Melayu. Juga menjadi salah satu fokus Pemerintah Daerah untuk melestarikan dan mengembangkan serta mempertahankan kearifan lokal untuk mendukung sektor pariwisata.

Salah satu bentuk upaya melestarikan kebudayaan khas Natuna tersebut ditampilkan pada setiap momen maupun event tertentu, seperti pada perayaan HUT RI, HUT Kabupaten dan Provinsi Kepulauan Riau, pelaksaan STQ serta MTQ di berbagai tingkatan.

Hamid Rizal berharap, agar adanya sinergi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, khususnya Natuna sehingga apa yang menjadi harapan Kemendikbud RI dapat terwujud, tutupnya

Penulis : Despy

Berita Terkait