Trump Marah-marah dan Klaim Kemenangan, Pilpres AS Mirip di Indonesia

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Washington AS – Petahana Donald Trump uring-uringan di Gedung Putih dan mengklaim sudah meraup kemenangan dalam Pilpres AS walaupun sejumlah data lapangan yang dihimpun, perolah electoral college-nya tak bisa mengungguli Joe Biden.

Donald Trump mengumumkan kemenangannya di sejumlah negara bagian, seperti Florida, Texas, Georgia, North Carolina dan Pennsylvania.

Perkembangan terbaru Pilpres AS hingga Kamis (5/11/2020), Biden dan pasangannya Kamala Harris hanya membutuhkan 6 electoral votes untuk memenuhi suara minimal kemenangan yakni 270.

Media sosial di AS pun sudah ramai dengan komentar dan pembicaraan mengenai pemilu tersebut.

Salah satu komentar unik yang menyita perhatian publik dunia dibuat oleh Kepala Biro media ABC News di Amerika Serikat, David Lipson di akun Twitternya, @davidlipson.

“Merasa seperti politik Indonesia,” tulisnya.

Memang, David tidak menyertakan konteks yang dimaksud. Namun kicauannya itu dibuat dalam rangkaian cuitannya mengomentari proses pemilu di Amerika Serikat.

Cuitannya mendapat banyak komentar yang juga tidak kalah menarik, salah satunya dari dosen dan pakar Asia Tenggara di Australian National University, Dr Ross Tapsell melalui akunnya, @RossTapsell.

“Benar. Tapi itu bukan politik Indonesia yang sebenarnya kecuali Trump akhirnya menjadi Menteri Pertahanan Biden,” cuit Tapsell, mengomentari pernyataan Lipson.

Penulis: Tata

Berita Terkait