Berlian Pink Langka Terjual Rp 374 M dalam Lelang di Jenewa Swiss

Editor: Helmy

JALURNEWS.COM, Jakarta – Berlian merah muda langka sebesar telur burung Puyuh laku dijual senilai US$26,6 juta atau sekitar Rp374 miliar dalam lelang di Jenewa, Swiss.

Harga akhir berlian yang dijuluki “The Spirit of the Rose” dengan 14,83 karat ini termasuk mencatat rekor dunia untuk kategori berlian ungu-merah muda.

Sebagaimana dilansir AFP, hanya butuh waktu beberapa menit untuk mencapai tawaran senilai ratusan miliar setelah batu seukuran marmer ini muncul dalam lelang online.

Juru lelang Sotheby, Benoit Repellin, menyebut berlian itu merupakan “keajaiban alam”. Dia kemudian menambahkan bahwa harga permata merah muda akan naik karena semakin langka.

Berlian ‘The Spirit of the Rose’ ini dipoles dari batu 27,85 karat yang ditemukan pada 2.017 oleh perusahaan tambang berlian Alrosa – salah satu produsen berlian terkemuka dunia – di Republik Sakha di timur laut Rusia.

Repellin mengungkapkan butuh waktu sekitar satu tahun kerja untuk memotong master dan mengubahnya menjadi sebuah bentuk dengan mempertahankan warna merah jambu.

Berlian merah muda merupakan permata berharga paling langka dan paling laris di pasar global.

Sotheby mengatakan rekor lelang dunia untuk berlian dan batu permata atau permata adalah “CTF Pink Star,” berlian merah muda oval 59,60 karat yang dijual seharga US$71,2 juta di Hong Kong pada 2017.

Penulis: Tata

Berita Terkait