Pisah Sambut dengan Pejabat Pemprov Kepri, Bahtiar Sampaikan Beberapa Saran

Editor: Nike
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Arif Fadillah menyerahkan poster cendera mata kepada Pjs Gubernur Kepri Bahtiar.

JALURNEWS.COM, Kepri – Di akhir masa tugas, Pjs. Gubernur Bahtiar  Baharuddin menghadiri acara Ramah Tamah dengan Pejabat dan Pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Aula wan Sri Beni Dompak, Jumat (4/12).

Hadir dalam pusah sambut tersebut, para asisten dan Staf Ahli Gubernur Kepulauan Riau, kepala OPD, beberapa pejabat struktural dan administrator serta staf di Lingkungan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Pada kesempatannya Bahtiar sampaikan beberapa capaian selama dirinya menjabat sebagai Pjs. Gubernur Kepri, diantaranya yakni terkait pelaksanaan pilkada, penanganan covid-19, pemulihan ekonomi serta kedaulatan pangan ditengah pandemi Covid-19.

Selain itu Bahtiar optimis bahwa pelaksanaan Pilkada di kepri akan berjalan lancar, damai dan adil. Dia juga berharap partisipasi tinggi dari masyarakat untuk memilih kepala daerah yang terbaik walaupun di tengah pandemi Covid-19.

“Saya percaya diri sekali Pilkada di Kepri akan berjalan sesuai dengan harapan. Saya sudah kunjungan dan rapat koordinasi dengan Kabupaten/Kota terkait yang melaksanakannya dan dari laporan yang saya dapatkan semua tahapan Pilkada berjalan lancar dengan terus berpedoman pada protokol kesehatan,” ujarnya.

Kemudian terkait penanganan Covid-19, Putra kelahiran Bone ini menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas kerjasama dari semua pihak terutama Kabupaten/Kota yang terus menambah alat-alat kesehatan pada alokasi APBD 2021 sehingga penanganan kedepan akan semakin baik lagi.

Kemudian terkait perbaikan ekonomi, Bahtiar menceritakan bahwa awal mula ketika dirinya ditunjuk sebagai Pjs. Gubernur Kepulauan Riau dihadapinya bahwa kondisi perekonomian di Provinsi Kepulauan Riau merosot tajam akibat pandemi Covid-19 diangka minus 6,6.

Namun perlahan angka ini semakin menunjukan tren perubahan yang positif menuju ke angka minus 5,81 persen. Hal ini tidak lepas dari kerja sama semua pihak. menggandeng  seluruh unsur masyarakat dan swasta untuk tetap produktif menciptakan lapangan pekerjaan walaupun di tengah pandemi.

Selanjutnya mengenai jembatan Batam-Bintan yang telah menjadi pembicaraan dan bahan diskusi hampir selama 17 tahun tidak selesai, bersama OPD terkait dan kementerian PUPR langsung di eksekusi dan diselesaikan dalam waktu cepat, hanya membutuhkan waktu 1,5 jam.

“Dengan adanya jembatan ini nantinya kita berharap pertumbuhan ekonomi Kepri saat ini yang minus akan kembali naik hingga 10 persen diatas pertumbuhan ekonomi Nasional,” harapnya.

Untuk program Penanaman 1 Milliar Pohon Kelapa yang  terus disampaikannya agar terus dikawal, didorong dan didukung oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota karena potensinya sangat luar biasa serta memberikan kebermanfaatan secara langsung kepada masyarakat

Selain pencapaiannya, Bahtiar dikesempatan ini juga menyampaikan beberapa saran kepada pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam menjalankan roda Pemerintahan selanjutnya agar lebih baik. Diantaranya dirinya menyampaikan bahwa siapapun nantinya yang akan terpilih menjadi Gubernur Kepulauan Riau harus mampu merangkul, menjalin silaturahmi dan bekerjasama dengan seluruh pihak dalam memajukan Kepulauan Riau.

“Pertama kali saya tiba di Tanjungpinang, yang saya lakukan adalah bersilaturahmi dengan semua unsur baik Polri, TNI AL, Darat dan Udara, Kejaksaan, Kabinda, Guskamla, Bakamla, Bupati/Walikota, Pengusaha bahkan tokoh-tokoh adat. Semua otoritas ini harus kita ajak kerjasama untuk memajukan daerah kita,” jelasnya.

Kemudian terkait munculnya industri-industri besar baik di Batam, Bintan dan Karimun yang nilai investasinya mencapai trilyunan rupiah namun tidak semua masyarakat kita dari 2,2 juta penduduk yang terserap di industri tersebut karena kalah bersaing dari segi keterampilan.

Oleh karena itu, muncul ide agar pemerintah membuat program membuat 100.000 kerambah apung yang langsung dikelola oleh masyarakat kita. Jika satu keramba saja mempekerjakan 5 orang maka dengan hanya usaha keramba akan memperkerjakan 500.000 ribu orang. Ini potensi yang luar biasa apalagi nanti akan kita sambungkan dengan Pembangunan Industri Maritim Perikanan yang saat ini sudah kita rencanakan bersama BP Batam di Pulau galang Batam dengan luas 1.000 hektar.

“Industri ini, jika jadi dibangun maka dalam jangka waktu 3 tahun kedepan kita akan menjadi pemain utama industri perikanan bukan hanya laut namun juga darat untuk wilayah Asia,” jelasnya.

Bahtiar juga berharap untuk Industri yang menjadi penggerak utama ekonomi di Kepri kedepannya tidak hanya bergantung pada Batam, Bintan dan Karimun namun harus juga dibuka akses untuk industri baru baik di Lingga, Natuna bahkan Anambas.

“Lingga, Natuna dan Anambas jika tidak dibuka industri di sana maka tetap akan sepi dan tidak akan bergerak perekonomiannya. Kita harus buka industri di sana dan ciptakan orang-orang kaya baru di sana. Jika industri ada, perekomian bergerak maka pariwisata yang luar biasa juga bisa hidup,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah provinsi kepulauan Riau  H. TS. Arif Fadillah mewakili pemerintah provinsi Kepulauan Riau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bahtiar Baharuddin selaku Pjs. Gubernur Kepulauan Riau atas dedikasinya selama 71 hari menakhodai Provinsi Kepulauan Riau.

“Kami mendoakan kedepan Bapak sukses dalam setiap tugas selaku abdi Negara dan abdi masyarakat. Kami juga punya harapan kiranya Bapak tidak lupa dengan provinsi Kepulauan Riau dan dapat membantu Kepulauan Riau terhadap berbagai kebijakan pemerintah Pusat guna peningkatan pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau,” Ujarnya.

Di akhir acara Sekretaris Daerah provinsi kepulauan Riau H. TS. Arif Fadillah memberikan cinderamata kepada Pjs. Gubernur Kepulauan Riau berupa gambar karikatur Bahtiar bersama Istrinya Shofa Marwah sedang melakukan penanaman Pohon kelapa sesuai dengan Gerakan 1 milliar pohon kelapa yang terus didengungkannya. Dilanjutkan Plt. Kepala Biro Humas Protokol dan penghubung yang memberikan Gambar karikatur Pjs. Gubernur Kepulauan Riau yang sedang berbagi masker kepada masyarakat. (ads/keprinews.)

Berita Terkait