Wali Kota H. Mahyeldi Terima Penghargaan “Nirwasita Tantra” dari KLHK RI

Editor: Nike

JALURNEWS.COM, Padang – Wali Kota Padang H.Mahyeldi Ansharullah kembali meraih penghargaan prestisius di tahun ini. Kali ini, orang nomor satu di ibu kota Provinsi Sumatera Barat itu meraih penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” Tahun 2019.

Dipilihnya Wali kota Padang sebagai nominator penerima penghargaan ini karena mampu mengelola lingkungan hidup dengan baik, serta sebagai kepala daerah yang mengeluarkan kebijakan berwawasan lingkungan dan mendukung program kota hijau yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) tersebut baru dapat diserahkan sekarang karena Pandemi Covid-19 yang tengah mewabah. Jika tidak ada  halangan rencananya penghargaan tersebut akan diserahkan Senin 21 Desember 2020 secara virtual.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon mengungkapkan, penghargaan yang diterima tersebut berkat sejumlah inovasi yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang dalam pengelolaan lingkungan sejauh ini.

“Kata kunci penerimaan penghargaan ini adalah inovasi yang kita lakukan. Alhamdulillah cukup banyak inovasi yang telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang diantaranya, inovasi terkait perioritas lemahnya penegakan hukum, inovasi terkait isu perioritas pengelolaan sampah, inovasi isu perioritas pembangunan tidak ramah lingkungan dan inovasi terkait isu perioritas banjir,” sebut Mairizon saat dihubungi melalui telepon seluler Kamis malam (17/12/2020).

Mairizon menambahkan, penghargaan yang diterima juga tidak lepas dari kerjasama yang telah terjalin baik antara Pemerintah Kota Padang dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Padang selama ini serta dukungan anggaran kegiatan yang meningkat setiap tahunnya. “Disamping itu, dukungan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemko Padang dan stakeholder terkait,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Kota Padang Amrizal Rengganis mengatakan, pada penerimaan penghargaan green leadership ini, Kota Padang masuk dalam Kategori Kota Besar. Hanya ada tiga kota di Indonesia yang masuk dalam kategori ini yakni, Kota Padang, Kota Surabaya dan Balikpapan.

“Alhamdulillah, tahun ini meski ditengah pandemi Covid-19 Kota Padang terus dibanjiri prestasi. Ini tidak lepas dari upaya dan dukungan kita bersama dalam membangun Kota Padang. Penghargaan serupa juga akan diterima oleh Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani untuk Kategori DPRD Tingkat II kategori Kota Besar,” ungkap Rengga, sapaan akrab Kabag Protokol Sekdako Padang itu.

Adapun Kategori dalam penerimaan penghargaan Green Leadership dibagi dalam beberapa kategori. Untuk tingkat kota, diberikan kepada Kota Kategori Besar, Sedang dan Kecil. Kemudian untuk Tingkat Kabupaten diberikan kepada Kabupaten Kategori Besar, Sedang dan Kecil.

Penghargaan selanjutnya juga diberikan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat II, untuk tingkat kota dengan Kategori Kota Besar, Sedang dan Kecil, dan tingkat Kabupaten dengan kategori Kabupaten Besar Sedang dan Kecil. Sementara untuk tingkat Provinsi dengan Kategori Juara Harapan yang diberikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan dan Bangka Belitung.

Penulis : Mul/Prokompim Padang

Berita Terkait