Basarnas Patroli di Perairan Pulau Senoa Dalam Rangka Siaga Khusus SAR Sambut Tahun Baru 2021

Editor: Ara Cantika
8 pembaca

JALURNEWS.COM, Natuna – Dalam rangka sambut Tahun Baru 2021 Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) biasa disebut Basarnas melakukan patroli dan pemantauan di perairan Pulau Senoa di Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau siaga khusus SAR, Rabu (30/12/2020).

Pelaksanaan patroli ini menggunakan 1 Unit Rigid Inflatable Boat (RIB) milik Basarnas bersama Kapolres, Dandim, Danlanal, Dansatrad 212, anggota DPRD, Kadishub, Kepala Bandara dan Kasatpolair dengan titik awal patroli dari Pelabuhan Penagi, Ranai menyisir perairan Pulau Senoa.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna Mexianus Bekabel menyatakan kegiatan patroli laut ini dalam rangka siaga khusus SAR sambut Tahun Baru 2021.

Pihaknya menerjunkan sejumlah personel melakukan pemantauan di perairan Pulau Senoa.

“Ya operasi ini kami gelar sebagai bagian dari operasi siaga khusus SAR sambut Tahun Baru,” tegasnya.

Dijelaskan Mexi, bahwa pihaknya juga melibatkan FKPD dan Pemda Natuna melakukan patroli dan pemantauan ini berkoordinasi dengan pihak Polairud.

Patroli ini menangkal juga segala bentuk bahaya dan kemungkinan adanya ancaman.

Kemudian juga terutama untuk siaga khusus SAR dalam penyelamatan terhadap kecelakaan laut atau musibah lainnya.

Selain itu Mexi juga menghimbau kepada
kepada warga masyarakat terutama nelayan agar selalu waspada akan keselamatan diri sendiri dalam melakukan aktivitas di laut.

Menurut BMKG prakiraan cuaca saat ini tinggi gelombang laut Natuna berpeluang mencapai 2,5 – 4 meter dan diperairan Laut Natuna Utara dan Anambas tinggi gelombang berpeluang 4-6 meter (ekstrim).

Dia berharàp bagi operator jasa pelayaran agar waspada dan memperhatikan keselamatan para penumpang terlebih bagi yang berliburan di Tahun Baru ini, tandasnya.

Penulis : Edi Rianto

Berita Terkait