Ketum GAMKI: Dari Segi Prestasi, Listyo Sigit Layak Calon Kapolri

Editor: Nike

JALURNEWS.COM, Jakarta – Bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Polisi, Idham Azis, yang akan memasuki masa pensiun mengerucut ke satu nama, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Komjen Listyo kini menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

Diakui Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik, mantan Kapolda Banten ini memiliki kinerja yang sangat membanggakan. Pasalnya, berbagai deretan kasus yang cukup menyita perhatian publik mampu ditangani dengan baik. Diantaranya, kasus penyiraman air keras penyidik senior KPK Novel Baswedan, penangkapan buronan terpidana kasus hak tagih (cassie) Bank Bali Djoko Tjandra, dan berbagai kasus lainnya telah berhasil diselesaikan.

Menurut Wandik, dari sederet prestasi tersebut, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memiliki rekam jejak yang baik dan sangat layak apabila Presiden Joko Widodo menunjuk Listyo Sigit sebagai calon Kapolri selanjutnya.

“Kami mengucapkan selamat atas penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia. Di tangan beliau ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan oleh Kapolri dan institusi Polri. Tantangan itu di antaranya bagaimana menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di tengah pandemi Covid-19 dan kelesuan ekonomi,” jelas Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat ini.

Selain itu, lanjut Wandik, Polri juga harus tetap fokus pada penegakan hukum terhadap kejahatan konvensional, serta kejahatan transnasional, antara lain jaringan narkoba, jaringan teroris, dan kejahatan siber.

Tantangan lainnya, Wandik mengatakan bahwa menghadapi menguatnya intoleransi dan kelompok-kelompok radikal.

Selain tantangan di atas, yang tidak kalah pentingnya untuk diselesaikan oleh Kapolri ke depan adalah tantangan di internal yaitu bagaimana Polri dapat melanjutkan reformasi kultural Polri dengan sebaik-baiknya, yakni dengan peningkatan profesionalitas anggota Polri.

“Di luar dari konteks tersebut besar harapan kami, beliau ketika nanti menjadi Kapolri dapat membuat kebijakan yang lebih tepat terhadap penegakan hukum di Tanah Papua. Sehingga masalah-masalah yang selama ini belum tertangani dengan baik, di tangan beliau bisa dituntaskan. Pendekatan penegakan hukum terhadap berbagai konflik di Tanah Papua perlu menjadi perhatian Kapolri nantinya,” ungkap Wandik.

Anggota Komisi V DPR RI dari dapil Papua ini berharap Kapolri yang terpilih nanti mendapat kepercayaan yang tinggi dari publik dan dapat membuat situasi kamtibmas semakin kondusif, terkhusus di Tanah Papua.

“Mengingat situasi politik hukum dan keamanan yang semakin dinamis, maka GAMKI berharap kepolisian dapat selalu solid dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri yang sudah bagus selama ini,” pungkasnya.

Penulis: Ralian

Berita Terkait