Joe Biden Resmi Dilantik Menjadi Presiden AS ke – 46, Trump Tidak Hadir di Pelantikan

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Jakarta – Joe Biden bersama Kamala Harris telah resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden selama empat tahun ke depan.

Biden menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS) selama 4 tahun mendatang.

Pelantikan Biden digelar di West Front Gedung Capitol AS di Washington DC, dimulai pukul 11.30 waktu setempat. Pembatasan sesuai protokol pandemi virus Corona (COVID-19) diberlakukan selama pelantikan berlangsung.

Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS dan hakim agung John Roberts, sambil meletakkan tangannya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh istrinya, Jill.

Alkitab itu juga digunakan saat Biden dilantik sebagai Wakil Presiden AS tahun 2009 dan 2013 lalu berdasarkan sumber CBS News.

“Saya, Joseph Robinette Biden Jr, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan secara setia menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat, dan dengan kemampuan terbaik saya akan menjaga, melindungi dan mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Jadi tolonglah saya, Tuhan,” ucap Biden saat mengucapkan sumpah jabatannya.

Anak dan cucu Biden hadir langsung di Gedung Capitol untuk menyaksikan pelantikan ini.

Pelantikan ini dihadiri secara terbatas oleh anggota Kongres AS dan tiga mantan Presiden AS, yakni Bill Clinton, George W Bush dan Barack Obama, yang didampingi istri masing-masing.

Presiden Donald Trump tidak menghadiri pelantikan ini. Namun Mike Pence, wakilnya, menghadiri pelantikan Biden dengan didampingi istrinya, Karen.

Berita Terkait