Youn Yuh Jung Aktris Korea Pertama yang Masuk Nominasi Oscar

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Jakarta – Youn Yuh-jung adalah ikon film di Korea Selatan, yang telah membintangi lebih dari 100 film dan serial TV.

Namun perempuan 73 tahun itu tidak pernah menyangka jadi orang Korea Selatan pertama yang dapat nominasi di Academy Awards dalam kategori aktris pendukung terbaik, untuk perannya di “Minari” sebagai nenek yang pergi dari Korea Selatan ke Amerika Serikat untuk merawatnya cucunya.

“Saya tidak tahu bagaimana mendeskripsikannya. Saya tidak pernah bermimpi dinominasikan untuk Oscar,” kata Youn dalam wawancara, Senin (15/3/021), dikutip dari Reuters.

Kabar ini didengar oleh Youn ketika sedang menjalani karantina wajib dua pekan di Korea Selatan setelah bekerja di Kanada. Berita nominasi itu diberitahukan oleh temannya yang langsung menangis terharu.

“Dia menangis, saya tidak menangis,” Youn terkekeh. “Saya cuma berbaring di sofa sambil setengah tertidur.”

Youn berbagi pencapaian ini dengan lawan mainnya di “Minari” Steven Yeun, Asia-Amerika pertama yang dinominasikan untuk aktor terbaik Oscar. Lahir di Seoul, Yuen dan keluarganya pindah ke Kanada dan kemudian Amerika Serikat ketika dia masih kecil.

Sejak debut akting pada tahun 1966, Youn telah menjadi sensasi di layar Korea atas perannya sebagai karakter yang jenaka hingga menggugah hati, termasuk sebagai pelacur di “The Bacchus Lady” tahun 2016.

Dikutip dari Yonhap, aktris kelahiran 1947 ini populer di Korea Selatan lewat film “Fire Woman” (1971), namun pada pertengahan 1970-an dia meninggalkan dunia hiburan setelah menikahi penyanyi populer Cho Young-nam dan pindah ke Amerika Serikat.

Setelah bercerai, dia kembali lagi untuk berkarya pada akhir 1980-an dan berupaya keras diterima lagi karena publik Korea Selatan saat itu memandang negatif perempuan yang bercerai. Peran yang sudah ia mainkan bervariasi, mulai dari pelayan muda yang menggoda majikan hingga nenek nyentrik di film teranyar.

Beberapa tahun terakhir, dia mengambil peran-peran pendukung atau peran kecil di proyek kecil yang skenarionya memikat, atau dibuat oleh orang yang dekat dengannya. Dia berperan sebagai nenek buta huruf di film indie “Lucky CHan-sil” (2019) tanpa bayaran, juga ibu demensia di film thriller “Beasts Clawing at Straws” (2020), film debut sutradara Kim Yong-hoon.

Youn telah memenangkan 32 penghargaan untuk perannya dalam “Minari, tentang keluarga imigran Korea Selatan yang mencoba memulai kehidupan baru di pedesaan Amerika selama tahun 1980-an.

“Minari” sangat personal untuk sutradara Lee Isaac Chung karena kisah itu sebagian didasari pengalamannya tumbuh besar di Arkansas. Film ini menyabet enam nominasi Academy Awards 2021.

Kini sang aktris sedang mengerjakan “Pachinko”, serial televisi adaptasi dari novel karya Lee Min-jin yang akan dirilis di Apple TV+.

“Youn’s Stay”, serial realita populer di mana dia dan selebritas Korea lain mengelola penginapan untuk orang asing sedang ditayangkan di televisi.

Dia mengatakan, saat ini adalah masa yang luar biasa dalam hidupnya. Sejak menginjak usia 65 tahun, dia memutuskan untuk bekerja hanya dengan orang yang ia sukai, orang yang ingin bekerja dengannya, tanpa mempedulikan uang atau ketenaran.

“Saya akan senang bila meninggal setelah melakukan apa yang saya sangat sukai.”

Sumber: Reuters

Berita Terkait