Provinsi Lampung dan Kabupaten Mesuji Gayung Bersambut Dongkrak Bidang Perikanan dan Pariwisata

Editor: Nike
Wakil Gubernur Lampung sapaan akrab Nunik pinta Mesuji dongkrak bidang perikanan jelabat dan pariwisata (F . Jalurnews.com)

JALURNEWS.COM, Mesuji, Lampung – Gayung bersambut antara keinginan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim dengan pemerintah Kabupaten Mesuji untuk lebih fokus di bidang Perikanan dan mendongkrak bidang pariwisata guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut diucapkan Wakil gubernur Lampung yang akrab disapa Nunik itu pada saat menghadiri Musrebang RKPD Kabupaten Mesuji tahun 2022, di Aula kantor Bupati Mesuji, Rabu (17/3/21).

“Salah satunya kami dari Pemerintah Propinsi Lampung berharap agar Pemerintah Kabupaten Mesuji bisa fokus untuk di bidang perikanan guna mendongkrak perekonomian masyarakat. Diantaranya budi daya Ikan Jelabat dan Ikan Belida karena mempunyai nilai harga yang cukup baik. Itu pesan Pak Gubernur Lampung Arinal kepada Pemerintah Mesuji,” Tiru wagub Nunik.

Selain bidang UMKM bidang perikanan, Pemprov Lampung berharap agar Mesuji bisa mendongkrak bidang pariwisata mengingat Kabupaten Mesuji jauh dari pantai untuk tempat liburan masyarakat.

“Hendaknya membuat ide – ide kreatif untuk membuat tempat pariwisata, untuk mendongkrak perekonomian di kabupaten. Walapun angka kemiskinan Mesuji sangat rendah di banding kabupaten lain, tapi kabupaten Mesuji harus lebih optimis untuk berkembang,” pungkasnya.

Terpisah kepala dinas pariwisata,pemuda dan olah raga Ronal Nasution mengatakan sesuai dengan arahan Bapak bupati dalam rangka pemanfaatan exit tol di kabupaten Mesuji, pemda Mesuji sedang membangun wisata bernuansa air di bendungan desa simpang mesuji, wisata religi di wirabangun dan mendorong terbentuknya wisata-wisata didesa guna menggerakan perekonomian masyarakat.

Dijelaskan Ronal, “dengan posisi Mesuji yang berada ditengah-tengah antara provinsi sumatera selatan dan lampung dan didukung adanya exit tol dimesuji kita harapkan wisatawan dari sumatra selatan yg ingin ke lampung bisa berkunjung dulu ke Mesuji demikian juga sebaliknya. ” Ya tentunya kita minta juga support dari pemerintah provinsi maupun pusat,harap Ronal Nasution.

Senada dengan kepala Dinas perikanan dan kelautan Mesuji Rifriyanto,bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan studi tentang budidaya ikan jelabat ke provinsi Jambi,yang nantinya akan diterapkan di kabupaten Mesuji.

“Ya mas pihak dinas bersama perwakilan dari kelompok budidaya ikan (Pokdakan) dalam waktu dekat akan belajar budidaya ikan jelabat ke provinsi Jambi dan tentunya berharap dukungan baik dari Provinsi juga pusat agar harapan bisa tercapai mengingat Mesuji merupakan Kabupaten yang APBD nya masih tergolong terkecil.

Penulis: Recky.R

Berita Terkait