Fluktuasi Harga Bahan Pangan di Pasar Tradisional Putri Agung Tuba menjelang Ramadhan

Editor: Nike
Pedagang Pangan di pasar Tradisional Putri Agung Menggala Tulang Bawang

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang, Lampung – Menjelang bulan suci ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Putri Agung mulai merambat naik.harga ayam kampung terpantau meroket tinggi harganya tepatnya di pusat perbelanjaan yaitu di Pasar Putri Agung  Menggala, Tulang Bawang, Minggu (11/04/2021).

Salah satu pedagang  ayam kampung Ansori  mengatakan “Sejak beberapa hari terakhir ini harga ayam kampung naik dan tidak tahu pasti penyebab kenaikan harganya, jelasnya.

Harga ayam kampung per/kg nya Rp.55.000, sementara ayam broiler potong Rp.28.000/kgnya untuk sementara hari ini, ucapnya.

Sementara harga Komoditas Cabai terpantau turun drastis.

Saryati (52) merupakan pedagang cabai yang sudah sembilan tahun lamanya berdagang cabai di pasar putri agung menuturkan bahwa, harga cabai turun drastis harganya jelang bulan Ramadhan ini, tren penurunan harga ini di dukung kondisi pertanaman cabai di wilayah Lampung bulan April ini karena ada tambahan luas panen sehingga komoditas cabai panen raya.

Saat ini saya menjual pengecer kepada pembeli harga cabai merah berkisar Rp 33.000 per/kgnya,  cabai hijau Rp 25.000/kg, cabai japlak/cabai setan Rp 60.000/kg, cabai Ranau Rp.45.000/kg, cabai jengki Rp.48.000/kgnya, ucapnya.

Ucapan senada juga di tempat yang berdekatan di lontarkan pedagang cabai yaitu ibu Nur menuturkan, bahwa harga cabai turun  drastis karena banyak yang supply karena panen raya, mungkin harga cabai ini akan beranjak turun lagi, tandasnya.

Sementara harga bahan pangan lainnya masih terpantau normal, meskipun ada kenaikan harga sedikit untuk beberapa komoditas.

Untuk harga gula berkisar  Rp.13.000/kg, minyak goreng Rp.15.000. harga telur pun mengalami kenaikan yaitu  berkisar Rp.25.000/kg nya.

Penulis : Erdiansyah S, SP.

Berita Terkait