Desa Wiralaga Mulya Urutan Pertama Realisasi Cadangan Pangan Pemda Mesuji

Editor: Nike
Bupati Mesuji H Saply TH membagikan beras cadangan Pemda Mesuji di Desa Wiralaga Mulya (F jalur news)

JALURNEWS.COM, Mesuji, Lampung – Pemerintah Kabupaten Mesuji  kembali menyalurkan beras cadangan pangan sebanyak 186 ton beras dengan sasaran penerima sebanyak 18.618 KPM, masing-masing KPM menerima 10 Kg beras, diawali oleh Desa Wiralaga Mulya kecamatan Mesuji.

Adapun Kriteria KPM ini sendiri adalah masyarakat Mesuji, yang bukan penerima bantuan pemerintah lainnya, seperti BLT DD, BST, BPNT dan PKH. KPM berasal dari basis data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang sudah diverifikasi secara berjenjang oleh desa, kecamatan dan Dinas Sosial.

Dalam acara ini Bupati Mesuji menyerahkan langsung yang di dampingi oleh wakil Bupati, Sekda, Asisten 1, Asisten 2, Kadis PMD, Kadis Ketahanan Pangan,Kadis Sosial, Kadis Pertanian, Kadis Koperindag, Kepala Bappelitbangda, Kadis Perhubungan, Kasatpol PP, Kadis Kesehatan, Kepala BPBD, Kadis PUPR, Kadis Perkim,serta Camat Mesuji dan kepala desa perwakilan.

Diungkapkan Bupati H Saply TH bahwa semenjak mewabahnya virus corona tentu sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan dan ekonomi masyarakat, seperti meningkatnya angka pengangguran, menurunnya daya beli masyarakat, melemahnya sektor usaha hingga kerawanan pangan.

“Semenjak Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada seluruh kehidupan aspek kehidupan terutama bidang perekonomian masyarakat yang bisa menyebabkan menurunnya daya beli dan melemahnya sektor usaha dan juga bisa menyebabkan kerawanan pangan,” ungkap H Saply TH.

Untuk itu lanjut Saply TH bantuan Pemerintah daerah ( pemda)  kali ini difokuskan untuk mengantisipasi kerawanan pangan terhadap masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 dengan menyalurkan beras cadangan pangan sebagai langkah awal Pemda Mesuji untuk membantu masyarakat yang sedang  menghadapi pandemi covid-19 dengan harapan bisa meringankan beban masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji, Gunarso, SH menyampaikan” bahwa beras cadangan pangan yang akan didistribusikan ke masyarakat sebanyak 186 ton dengan sasaran 18.600 KPM di 105 Desa di tujuh kecamatan di Kabupaten Mesuji”jelas Gunarso.

Masih jelas Gunarso “Penyaluran beras Cadangan Pangan mulai dilaksanakan di desa Wiralaga Mulya kecamatan Mesuji dan ditargetkan selesai pendistribusian ke KPM sampai dengan tanggal 5 Mei 2021 tandasnya.(Recky R)

Berita Terkait