Penyekatan Jalur Masuk Kota Medan di Perpanjang

Editor: Nike
Petugas melakukan kan pemeriksaan kendaraan secara acak

JALURNEWS.COM, Medan – Tim gabungan Pemko Medan, TNI dan Polri melakukan penyekatan jalur masuk ke Medan di Jl. Jamin Ginting Medan Tuntungan Jumat (21/5/2021) Penyekatan ini bertujuan untuk mengendalikan transportasi setelah masa Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Medan. Petugas secara acak melakukan pemeriksaan kepada pelaku perjalanan yang memasuki Medan.

Baik yang mengendarai kendaraan pribadi maupun menumpang angkutan umum.

Dalam penyekatan ini dilakukan tes usap (swab) antigen terhadap penumpang angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang suhu tubuhnya 37 derajat Celcius atau lebih tinggi. Tes ini bertujuan untuk memastikan orang yang masuk ke Medan tidak terpapar Covid-19.

Dengan santun namun tegas, petugas menghentikan angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang memasuki Medan dari arah Dataran Tinggi Karo. Penumpang pun didata. Selain identitas, petugas juga menanyakan daerah asal dan tujuan penumpang.

Selanjutnya, suhu tubuh penumpang diperiksa dengan menggunakan thermo gun. Penumpang yang suhu tubuhnya di bawah 37 (tiga puluh tujuh) derajat, tidak harus melalui tes usap antigen.

Penumpang yang hasil tes usap-nya menunjukkan hasil negatif diziinkan melanjutkan perjalanan. Sebaliknya, jika hasilnya positif, penumpang tersebut akan ditangani Puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Pantauan Reporter Jalurnews.com di lapangan

Selain di Kecamatan Medan Tuntungan, terdapat dua Posko penyekatan jalur masuk ke Medan, yakni di kawasan Terminal Amplas Jl. Sisingamangaraja dan Diski Simpang Kampung Lalang. Sebelumnya, masa penyekatan semula dijadwalkan berlangsung sampai (17/5/2021) namun diperpanjang hingga (24/5/2021).

Penulis : Edy Sugiantho Ginting

Berita Terkait