Pemerintah AS Ingatkan Warganya untuk Tidak Kunjungi Jepang pada Saat Olimpiade Tokyo

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Jakarta – Pemerintah Amerika Serikat, Senin, 24/5/2021 mengingatkan warganya untuk tidak mengunjungi Jepang dengan alasan meningkatnya risiko penularan COVID-19 di negara Asia itu dua bulan sebelum Olimpiade Tokyo dimulai.

Peringatan itu dikeluarkan Departemen Luar Negeri AS setelah Jepang membuka pusat vaksinasi massal pertamanya menjelang Olimpiade yang ditunda tahun lalu karena pandemi. Banyak pihak mengkritik Jepang karena lambat dalam hal tingkat inokulasinya.

Selain nasihat kesehatan pemerintah, keputusan itu juga didorong oleh “faktor sekunder” seperti ketersediaan penerbangan komersial, pembatasan keluar-masuk warga AS serta hambatan untuk memperoleh hasil tes COVID-19 dalam tiga hari kalender.

Sejauh ini, hanya dua persen dari 125 juta penduduk Jepang yang telah divaksinasi penuh.

Upaya itu dimulai pada bulan Februari dengan memberikan suntikan vaksin keluaran Pfizer kepada pekerja medis dan kemudian lansia di atas 65 tahun, di mana pemerintah Jepang menargetkan menyelesaikan semua proses vaksinasi itu pada akhir Juli ketika Olimpiade dimulai.

Tetapi para menteri mengatakan untuk Olimpiade tidak dicantumkan jadwal penyuntikan vaksin dan belum ada tanggal yang diumumkan untuk kelompok usia lainnya.

Jepang mengalami wabah virus corona yang relatif kecil, dengan sekitar 12.000 kematian secara keseluruhan. Namun lonjakan infeksi baru-baru ini telah membuat rumah sakit setempat tertekan.

Tokyo, Osaka dan delapan wilayah lainnya berada di bawah keadaan darurat yang mengekang aktivitas komersial hingga akhir Mei, dengan sejumlah laporan menyebutkan tindakan tersebut bisa diperpanjang lagi selama tiga minggu lagi.

Sementara itu opini publik sebagian besar menentang penyelenggaraan Olimpiade musim panas ini, tetapi penyelenggara mengatakan acara tersebut masih bisa diselenggarakan dengan aman.

Mayoritas atlet dan lainnya yang tinggal di pemukiman Olimpiade akan divaksinasi sebelum mereka memasuki Jepang, tetapi inokulasi tidak diperlukan untuk bisa berpartisipasi, demikian AFP.

Berita Terkait