Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Makassar Lakukan Operasi Premanisme

Editor: Nike
42 pembaca
Satreskrim polrestabes makassar saat melakukan operasi premanisme di wilayah fly over

JALURNEWS.COM, Makassar – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Makassar, melakukan operasi premanisme di wilayah Fly Over Kecamatan Panakkukang, Makassar, Rabu (16/6/2021).

Dari hasil operasi, sedikitnya ada delapan orang yang berhasil diamankan, mereka yang diamankan inisial SD, RS, YF, SH, HD, TG, RY dan AG. Semua warga Makassar. Mereka ini ada yang masih di bawah umur diantaranya, AD, TG dan RY.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur mengatakan, dari delapan yang sudah diamankan ada empat orang diantaranya melakukan aksi meminta sumbangan atau sedekah.

Namun kata Jamal, dari hasil sedekah ataupun sumbangan yang diperoleh dari masyarakat atau pengguna jalan di sekitar Fly Over tersebut, itu digunakan untuk diri sendiri.

“Ada satu orang yang mengaku memang untuk kepentingan masjid, tapi itu sedang kami dalami apakah betul atau tidak disalurkan ke masjid. Karena memang satu orang tersebut ada orang yang ditempati menyetor. Itu sementara diselidiki apakah orang itu setor ke masjid atau tidak,” jelas Jamal.

Adapun yg lainnya ada yang melakukan pekerjaan sebagai pak ogah dan ada yang mengamen. Dan dari aduan beberapa masyarakat bahwa cara mengamennya sifatnya memaksa.

“Kegiatan itu sudah dilakukan beberapa bulan terakhir, modusnya mereka menggunakan kardus dan di kardus itu bertuliskan untuk sumbangan salah satu masjid, ” lanjut Jamal di kantor Mapolrestabes Makassar, Kamis (17/6/21).

Omset yang mereka hasilkan dari beberapa orang ini, ada Rp 28 ribu per hari, Rp 31 ribu, Rp 15 ribu dan ada juga sampai Rp 100 ribu lebih per hari.

“Pengakuan mereka melakukan itu untuk kepentingan pribadi. Ada yang mengaku untuk membayar kredit motornya, ” sebut mantan Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar ini.

Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP Azhan menambahkan, ini adalah salah satu upaya menindaklanjuti perintah dari bapak Kapolri untuk memberantas premanisme.

“Kalau kita lihat di Makassar akhir-akhir ini sangat marak sekali yang meminta sumbangan mengatasnamakan masjid. Ini sangat meresahkan masyarakat khususnya pengguna jalan, karena ada sebagian dari mereka kalau tidak diberikan kadang kendaraan orang di coret, ” kata Azhan.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar memberikan sumbangan pada orang yang tepat. Seperti misalnya di panti asuhan.

Karena jika mereka yang melakukan aksi itu menghasilkan banyak, tentu mereka akan memanggil teman-temanya, ” tambahnya.

“Kami siapkan hotline call center 110 untuk mempermudah masyarakat menyampaikan ke polisi dimana ada tindakan premanisme terjadi. Nanti informasi dari masyarakat itu akan disampaikan melalui radio untuk ditindak lanjuti anggota di lapangan, ” jelas Kasubag Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando KS.

“Untuk kedepannya kami akan terus melakukan operasi premanisme baik di jalan ataupun dimana saja. Saya menyarankan kepada masyarakat untuk senantiasa  bekerjasama memberikan informasi, baik secara langsung atau tidak,” Tutup Lando.

Berita Terkait