Hasil Swab Berbeda di Dua Tempat, Ini Penjelasan Pihak Puskesmas Panggung Jaya

Editor: Nike
Mulyadi Amd pihak puskesmas Panggung jaya kecamatan Rawa jitu Utara, pasien sudah diperiksa sesuai SOP dan ditangani oleh ahli Analis jadi masalah hasil tidak diragukannya lagi(F jalur news.com)

JALURNEWS.COM, Mesuji, Lampung – Terkait hasil swab berbeda di dua tempat dalam waktu dua hari salah satu perawat Puskesmas panggung jaya kecamatan Rawa jitu Utara yang menangani dibidang tersebut kini angkat bicara.

Menurut Mulyadi Amd saat dihubungi awak media Kamis (8/7/2021) melalui telepon selulernya mengatakan bahwa hasil pemeriksaan salah satu pasien bernama Mirni warga desa Sungai sidang sudah dilakukan sesuai SOP dan ditangani oleh pihak analis yang sudah mumpuni dibidangnya. 

“Ia mas pasien atas nama Mirni sudah kita lakukan sesuai SOP dan dikerjakan oleh ahlinya dan pihak analisis sehingga hasilnya tidak bisa diragukan lagi meskipun dari alatnya,” jawab Mulyadi.

Diceritakan nya lagi pasien datang berobat ke Puskesmas Panggung jaya tiba pada saat malam hari namun kita layani tanpa harus menanyakan rujukan terlebih dahulu karena sejatinya pasien tersebut harus ke Puskesmas Sungai sidang itu sendiri.

Dan karena sekarang musim Pandemi Covid-19 maka kita lakukan tes swab yang mana didesa tersebut juga sudah ada warga yang terpapar Covid-19 dan ternyata pasien juga hasilnya memang positif, Terang Mulyadi.

Disinggung penyebab berbedanya hasil swab selang dua hari Mulyadi mengatakan bahwa kita tidak bisa mengetahui kapan pasien tersebut terpapar Covid-19 bisa jadi katika diperiksa dipuskesmas Panggung jaya virus tersebut sudah mendekati hari ke-14 sehingga jika diperiksa kembali selang dua hari kemudian bisa jadi virusnya sudah hilang tinggal penyakit lain saja yang dideritanya.

Selain itu juga, mungkin dokter yang menangani pasien ditempat lain itu bukan Analis sehingga waktu melakukan tes swab kurang dalam dan tidak mencapai target sasaran dan menyebabkan hasil tidak akurat, sementara tim puskesmas Panggung jaya sudah dilakukan oleh ahlinya dan sesuai standar SOP.

Ditambahkannya dengan kejadian ini dihimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Mesuji khususnya dilingkup puskesmas panggung jaya bahwa semua tenaga medis yang menangani virus Covid-19 sudah ahlinya dan ke akuratannya tidak diragukan lagi jadi demi kebaikan semua agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan bagi pasien yang sudah dinyatakan positif agar menjalani isolasi dengan sebaik-baiknya agar wabah tidak menyebar kemana-mana dan tidak menyulitkan semua lapisan masyarakat, tandasnya (Recky)

Berita Terkait