TNI AL Kerahkan 5 Kapal Perang, Serbu Pulau-Pulau Minim Fasilitas Kesehatan Untuk Bantu Penanggulangan Pandemi Covid-19

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, LINGGA – TNI Angkatan Laut jajaran Koarmada I mengerahkan Lima unsur kapal perang, KRI Semarang (SMR)-594, KRI Beladau (BLD)-643, KRI Surik (SUR)-645, KRI Siwar (SWR)-646 dan KRI Parang (PAR)-647 untuk menjangkau Pulau-Pulau terpencil minim fasilitas kesehatan dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Kelima Kapal perang Jajaran Koarmada I tersebut menuju perairan Dabo Singkep  dari pangkalan TNI AL di Tanjung Uban Kepulauan Riau dalam rangka melaksanakan kegiatan Serbuan Vaksin, penyaluran bantuan sosial dan pengisian tabung oksigen medis bagi masyarakat maritim di pulau-pulau Lingga. Kamis (26/8/2021)

Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P mengatakan “Sebagai alat pertahanan negara di laut, Koarmada I selaku Kotama Pembinaan dituntut untuk dapat mempertahankan kesiapan personel dan material serta alutsista agar memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi kontijensi”

“Saat ini, Koarmada I tengah menggelar Latihan setingkat L-3. Hal ini tetap dilaksanakan dalam rangka pembinaan kekuatan dan kemampuan unsurnya guna mempertahankan kemampuan profesionalisme prajurit dan kesiapan tempur Alutsista Koarmada I” lanjutnya.

“Namun demikian dalam gelaran Latihan ditengah Pandemi ini, Koarmada I tetap berupaya penuh mendukung program pemerintah dalam penanggulangan dan pengendalian wabah Covid-19 dengan melakukan serbuan Vaksinasi TNI AL di daerah latihan sebagai bentuk Operasi Mililiter Selain Perang” tuturnya

“Kita sengaja memilih area latihan di wilayah perairan Kepri dan Laut Natuna Selatan, selanjutnya melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi  di Pulau-pulau Lingga dikarenakan tingkat persentase masyarakat tervaksin di daerah tersebut masih dibawah 75%” jelasnya.

Koarmada I tetap melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan unsurnya guna mempertahankan kemampuan profesionalisme prajurit dan kesiapan tempur Alutsistanya ditengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terus ditangani oleh pemerintah.

Salah satu bentuk dukungan TNI AL terhadap pemerintah dalam penanganan tersebut yakni dengan mengerahkan Satuan Kapal Cepat Koarmada I guna melaksanakan Latihan dalam satuan yg melibatkan 4 KRI (BLD, SUR, SWR dan PAR) yang memiliki kesamaan kesenjataan dan didukung oleh KRI SMR-594 Sebagai Kapal Rumah Sakit dilanjutkan dengan serbuan vaksinasi di daerah mandala operasi latihan.

Ditargetkan 1000 vaksin akan disuntikan oleh vaksinator TNI AL yang bekerjasama dengan TNI-Polri serta pemerintah daerah setempat. selain itu, TNI AL juga menyalurkan bantuan sosial berupa sembako sejumlah 1000 paket kepada masyakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan bantuan isi ulang 100 tabung oksigen atau sekitar 200 ribu  liter oksigen medis di pulau Selayar dan Pulau Singkep.

“Pengerahan personel, sarana dan prasarana serta Alutsista TNI AL dalam melaksanakan program pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 merupakan instruksi pemimpin TNI Angkatan Laut dalam hal ini, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.” tegas Pangkoarmada I

“Jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia diperintahkan secara serentak dan masif serta terus menerus menggelar berbagai kegiatan dalam upaya penanggulangan, pengendalian dan pencegahan penularan Covid-19” pungkasnya

Berbagai kegiatan yang dilakukan TNI AL dalam rangka mendukung penanganan Covid-19 yang dilakukan TNI AL diantaranya menyelenggarakan 3 T (Testing, Tracing and Treatment), donor darah convalescent, serbuan Vaksinasi, bantuan oksigen dan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang telah berjalan sejak 23 Juni 2021 lalu.

Berita Terkait