Program Dosen Tamu STEBI Lampung ke Universiti Teknologi MARA

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM- Dua orang dosen ekonomi pariwisata dari STEBI (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis) Lampung, Umi Khulsum Ph.D dan Hendrata Yudha Ph.D (candidat) memberikan kuliah umum di Universiti Teknologi MARA di Pulau Penang, Malaysia, Senin, 10 Juni 2024.

Kedua dosen tersebut berbagi pengalaman dan penelitiannya mengenai bisnis wisata alam di Hopeland Camp, Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata alam yang dikelola mereka berdua berbasis masyarakat lokal, dengan tujuan pemberdayaan ekonomi dan sosial.

Umi yang spesialisasi doktoralnya perpajakan dan administrasi, menceritakan desain tata kelola keuangan bisnis yang adaptif dengan berbagai peraturan pemerintah.
“Bisnis harus dikelola dengan baik dan proper sehingga mendapatkan pendapatan dan keuntungan yang sepadan, ” Ujarnya.

Sementara Hendrata Yudha yang spesialisasi doktoralnya bidang marketing bisnis, memaparkan teori marketing mix dan prakteknya yang adapatif dengan kondisi sekitarnya.

“Hopeland itu memiliki diferensiasi yang berbeda dengan bisnis wisata alam sejenis, sehingga ada segmentasi pelanggan yang khusus pula. Kalau wisata alam jualannya sama dengan yang lain, sulit bertahan lama” Jelasnya.

Program dosen tamu ini dilakukan bagian dari Tridharma International Visit Academic and Conference 2024 yang diselenggarakan oleh ASEAN Academic Association, melibatkan 10 perguruan tinggi Indonesia dan 5 dari Malaysia. (Tata)

Berita Terkait