jalur SUMUT

  • SUMATERA UTARANASIONAL

    BPBD Karo: Gunung Sinabung Erupsi Semburkan Debu Setinggi 500 Meter

    Editor: Ara Cantika
    Editor: Ara Cantika

    JALURNEWS.COM, Jakarta – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara Natanail Perangin-angin menyatakan Gunung Sinabung di Kabupaten erupsi  pada Minggu (17/1/2021) petang sekitar pukul 16.50 WIB, menyemburkan debu setinggi lebih kurang 500 meter.

    “Erupsi Gunung Sinabung di atas puncak lebih kurang 2.960 meter di atas permukaan laut,” katanya saat dihubungi dari Medan, Minggu malam.

    Ia menyebutkan erupsi Sinabung ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 44 mm dan durasi lebih kurang dua menit.

  • SUMATERA UTARANASIONAL

    Kejari Karo Musnahkan Ratusan Gram Sabu dan Ribuan Gram Ganja

    Editor: Nike
    Editor: Nike

    JALURNEWS.COM, Karo – Kejaksaan Negeri Karo, Jumat (27/11/2020) melakukan pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

    Sejumlah barang bukti (barbut) narkotika jenis sabu, ganja dan perkara tindak pidana umum lainnya dimusnahkan di perpakiran kantor kejaksaan.

    “Barang bukti yang dimusnahkan hari ini merupakan hasil dari perkara yang telah berkekuatan hukum tetap atau diputuskan oleh pengadilan,” ujar Kasi Barang Bukti Kejari Karo, Mas Benny Saragih, SH disela-sela kegiatan.

  • SUMATERA UTARANASIONAL

    Pemkab Karo Segera Bangun TPS Korban Kebakaran Pusat Pasar Berastagi

    Editor: Nike
    Editor: Nike

    JALURNEWS.COM, Karo – Pasca kebakaran di pusat pasar Berastagi beberapa hari lalu, anggota DPRD Karo dari fraksi PDIP Dodi Sinuhaji mendesak Bupati Karo agar segera membangun Tempat Penampungan Sementara (TPS) bagi pedagang korban kebakaran.

    Desakan ini, disampaikannya usai menghadiri rapat paripurna dengan agenda pembacaan nota pengantar Ranperda APBD Tahun Anggaran 2021, Rabu (25/11/2020).

    Dikatakan Dodi, hingga saat ini, para pedagang yang menjadi korban kebakaran masih menerima informasi simpang siur mengenai pembangunan TPS.

  • SUMATERA UTARANASIONAL

    Desa Rimo Bunga Jarang Disentuh Pemerintah Terancam Terisolasi

    Editor: Ara Cantika
    Editor: Ara Cantika

    JALURNEWS.COM, Karo – Sejak jaman Baheula hingga modern ini, akses jalan di Desa Rimo Bunga, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo jarang disentuh pemerintah daerah. Sehingga aktifitas warga desa disana sangat terbatas, bahkan hasil pertaniannya juga sering busuk karena terkendala dengan infrastruktur jalan.

    Seperti saat ini, jembatan penghubung antar desa yang merupakan satu-satunya akses jalan keluar desa, terancam putus. Karena hanya terbuat dari bahan material kayu dan papan.

    Jika pemerintah daerah tidak secepatnya memperbaiki akses jembatan, warga desa terancam terisolasi. “Kadang-kadang kami khawatir melintas, papan dan kayunya sudah lapuk termakan usia,” ujar salah seorang warga, Jumat (27/11/2020).

  • SUMATERA UTARANASIONAL

    Bupati Karo Terima Buku 100 Karo Inspiratif dari Yayasan Terang Kemuliaan Indonesia

    Editor: Ara Cantika
    Editor: Ara Cantika

    JALURNEWS.COM, Karo – Yayasan Terang Kemuliaan Indonesia, Jumat (27/11/2020) menyerahkan buku “100 Karo Inspiratif” kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, sekira pukul 10:30 WIB diruang kerjanya.

    Menurut Terkelin, buku 100 Karo Inspiratif isinya sangat bagus. Meskipun belum dibacanya, ia yakin karena penulisnya adalah hamba Tuhan dan jurnalis harian terkemuka di Jakarta.

    “Saya harap, buku ini dapat memotivasi para generasi muda di Karo. Semoga menjadi inspirasi dan lebih berkarya lagi untuk penyemangat hidup dalam meraih cita-cita,” ujarnya.

  • SUMATERA UTARANASIONAL

    Hanya Sehari, Satres Narkoba Polres Karo Gulung 4 Orang Pengedar Narkoba

    Editor: Ara Cantika
    Editor: Ara Cantika

    JALURNEWS.COM, Karo – Maraknya peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Karo. Membuat Tim Opsnal Satres Narkoba harus bekerja lebih ekstra.

    Terbukti, Kamis (26/11/2020), hanya dalam waktu sehari personil berhasil meringkus 4 orang terduga pengedar narkotika jenis sabu dan ganja ditempat yang berbeda.

    Awalnya sekira pukul 17:00 WIB, tim Opsnal mengamankan Kronika Pelawi alias Kerok (27) warga Desa Ajijahe, Kecamatan Tigapanah disalah satu kedai tuak Desa Ajibuhara Kecamatan yang sama.

  • SUMATERA UTARANASIONAL

    Terkelin Brahmana, Sampaikan Finalisasi Rancangan Teknokratik RPJMD 2020-2026

    Editor: Nike
    Editor: Nike

    JALURNEWS.COM, Karo – Setiap perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan menggunakan metode dan kerangka pikir yang ilmiah, sehingga dapat tepat sasaran.

    Upaya tersebut dapat dilakukan dengan menyusun rancangan teknokratik pembangunan daerah, sebagai bahan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

    Hal itu disampaikan Bupati Karo, Terkelin Brahmana, saat pembahasan dan finalisasi rancangan teknokratik Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2022-2026, di Aula Kantor Bupati, Kamis (26/11/2020).